Jumat, 27 Juli 2018

PERSAMAAN KUADRAT

Persamaan kuadrat merupakan persamaan polinomial (suku banyak) yang memiliki orde (pangkat) dua. Persamaan kuadrat seringkali disebut sebagai persamaan parabola, karena jika bentuk persamaan kuadrat digambarkan ke dalam koordinat Kartesus akan membentuk grafik parabola.

Bentuk umum persamaan kuadrat adalah sebagai berikut:


A.     Mencari Akar-akar Persamaan Kuadrat

1.      Faktorisasi

Faktorisasi atau pemfaktoran merupakan cara mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan mencari nilai yang jika dikalikan akan menghasilkan nilai lain. Ada tiga bentuk persamaan kuadrat dengan faktorisasi akar-akar yang berbeda seperti berikut:



2. Melengkapkan Kuadrat Sempurna

Tidak semua persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara faktorisasi, cara lain untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna. Bentuk persamaan kuadrat sempurna adalah bentuk persamaan yang menghasilkan bilangan rasional. Penyelesaian persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna menggunakan rumus:



3. Rumus Kuadrat

Selain faktorisasi dan melengkapkan kuadrat sempurna, persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus kuadrat atau biasa dikenal dengan rumus abc.